Educational Project: Mengenal Lombok
Marham Jupri Hadi
(STMIK Syaikh Zainuddin NW/
University of Wollongong, Australia, 23/10/2013)
Rasional
Kenapa projek
ini penting?
Pemberian informasi yang berimbang mengenai pulau Lombok dan daerah lain yang bernilai pendidikan terasa sangat kurang apalagi setelah televisi menjadi tontonan utama para siswa sekolah dasar dan menengah bahkan perguruan tinggi. Banyak hal yang menjadi penyebab dari masalah tersebut, salah satunya adalah kurangnya informasi mengenai daerah Lombok. Meskipun telah banyak yang telah menulis mengenai Lombok baik di media cetak maupun media elektronik, khususnya Youtobe, tetapi informasi yang dibuat secara khusus untuk kepentingan dunia pendidikan terasa masih sangat sedikit. Selain itu, penulisan buku tentang Lombok untuk kepentingan pendidikan juga masih sangat kurang. Kebanyakan perpustakaan sekolah dijejali informasi tentang daerah lain atau mungkin cerita-cerita fiksi yang berbeda dari kondisi ril siswa.
Kita sangat prihatin dengan kondisi dimana banyak para
siswa yang tidak mengenal daerah sendiri. Hal ini disebabkan oleh banyak
faktor. Misalnya, ketidakmampuan untuk mengakses wilayah yang ada di pulau
Lombok. Oleh karena itu, diharapkan projek ini bisa membantu siswa untuk mengakses
informasi yang bisa digunakan untuk memperkaya pemahaman tentang daerah sendiri. Mengenal pulau Lombok berarti mengenali identitas diri. Dengan mengenali
identitas diri sendiri maka diharapkan akan tumbuh rasa bangga sebagai orang
yang lahir dan tumbuh di pulau Lombok.
Selain itu, selama ini siswa banyak disuguhi mengenai
informasi yang jauh dari lingkungan tempat tinggalnya. Informasi yang terdapat dalam buku-buku teks
yang ada di sekolah dasar dan sekolah menengah sepertinya banyak berisi
informasi tentang daerah luar. Memang buku tersebut bermanfaat untuk
mengenalkan para pelajar tentang wilayah Indonesia. Akan tetapi kebanyakan para pendidik lupa
megenalkan wilayah mereka sendiri. Akibatnya siswa lebih mengenal daerah luar
daripada daerahnya sendiri.
Bagaimana cara
mengenalkan pulau lombok kepada para siswa?
Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengenalkan
pulau lombok beserta potensi yang ada didalamnya. Antara lain dengan mengajak
siswa untuk melakukan tur/ tamasya ke berbagai daerah yang ada di pulau Lombok.
Dengan cara ini, para siswa akan melihat dan menyadari kekayaan budaya dan alam
yang dimiliki oleh pulau Lombok. Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan
melalui buku. Dengan buku, tidak hanya pemahaman siswa mengenai pulau Lombok
yang akan meningkat, tetapi juga kemampuan mereka untuk membaca juga akan
bertambah. Cara yang mungkin lebih innovatif dan menarik adalah dengan
menggunakan rekaman dimana siswa diberikan informasi melalui media televisi. Sebagaimana
yang kita ketahui bersama selama ini para siswa menghabiskan banyak waktu untuk
menonton TV. Kenapa kita tidak memanfaatkan ini sebuah sebuah kesempatan untuk
mengenalkan siswa tentang daerah sendiri. Tentunya suguhan attraktif bisa
menjadi daya tarik tersendiri bagi siswa untuk menontonnya.
Selain ketiga metode diatas, pengenalan juga bisa
dilakukan dengan menggunakan pendekatan teknologi informasi dan komunikasi.
Salah satunya adalah dengan menggunakan Power Point. Power Point bisa digunakan
sebagai media penyampaian informasi. Integrasi power point dalam proses pembelajaran
bisa juga melalui WebQuest project
dimana siswa diminta untuk mencari informasi mengenai daerah mereka dan itu bisa dijadikan sebagai tugas sekolah mereka.
Bagaimana
mengitegrasikan program pengenalan pulau Lombok kepada siswa?

Siapa yang
bisa terlibat dalam project ini?
Program bisa bisa dilakukan oleh siapapun namun
diperlukan tim kerja untuk mempermudah proses pekerjaan. Tim tersebut bisa
terdiri dari guru, dosen, mahasiswa, siswa, LSM, tokoh masyarakat, tokoh agama,
pejabat pemerintah, dinas pendidikan, dan anggota masyarakat lainnya.
Bentuk project
Project ini bisa berbentuk penulisan buku, rekaman video,
rekaman suara, power point ataupun weblog.
Topik
Ruang lingkup dari projek ini memang sangat luas, tetapi
bisa dipersempit dalam bentuk topik-topik seperti sejarah, tempat wisata, nama
tempat, tokoh, kehidupan masyarakat dan lain-lain.
Kapan bisa dimulai?
Project ini bisa dimulai sekarang juga dengan menyediakan
sebuah kamera, recorder, handycam, laptop, buku dan polpen serta kendaraan. Beberapa orang seperti, di internet sudah memulainya. Sebagai contoh http://lombokexploring.wordpress.com/, blog yang dirintis oleh saudara Andi Marhadani, seoran guru SMA di kabupaten Lombok Barat.
Pendanaan
Projek ini adalah project dengan swadaya, dalam artian
pendanaan sepenuhnya akan ditanggung oleh masing-masing anggota tim. Ketika
salah satu projek sudah terlaksana, maka upaya untuk meminta bantuan pemerintah
atau sumber pendana lainnya bisa dilakukan.
Catatan
Pemikiran ini masih banyak memerlukan kajian lebih jauh.
Oleh karena itu, masukan dan saran serta kritik terhadap konsep yang ditawarkan
bisa menjadi bahan pertimbangan dalam merancang project pengenalan pulau Lombok
kepada para siswa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar