Selasa, 22 Oktober 2013

Sebuah upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan di daerah sendiri

Educational Project: Mengenal Lombok



Marham Jupri Hadi
(STMIK Syaikh Zainuddin NW/ University of Wollongong, Australia, 23/10/2013)


Rasional

Kenapa projek ini penting?

Pemberian informasi yang berimbang mengenai pulau Lombok dan daerah lain yang bernilai pendidikan terasa sangat kurang  apalagi setelah televisi menjadi tontonan utama para siswa sekolah dasar dan menengah bahkan perguruan tinggi. Banyak hal yang menjadi penyebab dari masalah tersebut, salah satunya adalah kurangnya informasi mengenai daerah Lombok. Meskipun telah banyak yang telah menulis mengenai Lombok baik di media cetak maupun media elektronik, khususnya Youtobe, tetapi informasi yang dibuat secara khusus untuk kepentingan dunia pendidikan terasa masih sangat sedikit. Selain itu, penulisan buku tentang Lombok untuk kepentingan pendidikan juga masih sangat kurang. Kebanyakan perpustakaan sekolah dijejali informasi tentang daerah lain atau mungkin cerita-cerita fiksi yang berbeda dari kondisi ril siswa.

Upaya untuk mengenalkan daerah sendiri kepada peserta didik adalah mutlak untuk dilakukan.
Kita sangat prihatin dengan kondisi dimana banyak para siswa yang tidak mengenal daerah sendiri. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor. Misalnya, ketidakmampuan untuk mengakses wilayah yang ada di pulau Lombok. Oleh karena itu, diharapkan projek ini bisa membantu siswa untuk mengakses informasi yang bisa digunakan untuk memperkaya pemahaman tentang daerah sendiri. Mengenal pulau Lombok berarti mengenali identitas diri. Dengan mengenali identitas diri sendiri maka diharapkan akan tumbuh rasa bangga sebagai orang yang lahir dan tumbuh di pulau Lombok.

Selain itu, selama ini siswa banyak disuguhi mengenai informasi yang jauh dari lingkungan tempat tinggalnya.  Informasi yang terdapat dalam buku-buku teks yang ada di sekolah dasar dan sekolah menengah sepertinya banyak berisi informasi tentang daerah luar. Memang buku tersebut bermanfaat untuk mengenalkan para pelajar tentang wilayah Indonesia.  Akan tetapi kebanyakan para pendidik lupa megenalkan wilayah mereka sendiri. Akibatnya siswa lebih mengenal daerah luar daripada daerahnya sendiri.

Bagaimana cara mengenalkan pulau lombok kepada para siswa?
Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengenalkan pulau lombok beserta potensi yang ada didalamnya. Antara lain dengan mengajak siswa untuk melakukan tur/ tamasya ke berbagai daerah yang ada di pulau Lombok. Dengan cara ini, para siswa akan melihat dan menyadari kekayaan budaya dan alam yang dimiliki oleh pulau Lombok. Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan melalui buku. Dengan buku, tidak hanya pemahaman siswa mengenai pulau Lombok yang akan meningkat, tetapi juga kemampuan mereka untuk membaca juga akan bertambah. Cara yang mungkin lebih innovatif dan menarik adalah dengan menggunakan rekaman dimana siswa diberikan informasi melalui media televisi. Sebagaimana yang kita ketahui bersama selama ini para siswa menghabiskan banyak waktu untuk menonton TV. Kenapa kita tidak memanfaatkan ini sebuah sebuah kesempatan untuk mengenalkan siswa tentang daerah sendiri. Tentunya suguhan attraktif bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi siswa untuk menontonnya.

Selain ketiga metode diatas, pengenalan juga bisa dilakukan dengan menggunakan pendekatan teknologi informasi dan komunikasi. Salah satunya adalah dengan menggunakan Power Point. Power Point bisa digunakan sebagai media penyampaian informasi. Integrasi power point dalam proses pembelajaran bisa juga melalui WebQuest project dimana siswa diminta untuk mencari informasi mengenai daerah mereka dan itu bisa dijadikan sebagai tugas sekolah mereka.

Bagaimana mengitegrasikan program pengenalan pulau Lombok kepada siswa?
Seperti yang saya katakan diatas, mengenalkanya bisa melalui kegiatan pembelajaran yang terintegrasi dengan mata pelajaran yang ada di dalam kelas.Mata pelajaran yang bisa menjadi bagian terintegrasi dari program pengenalan Lombok ini adalah bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Sejarah, Ekonomi, PPKn, Pendidikan Agama dan mungkin juga olahraga.


Siapa yang bisa terlibat dalam project ini?
Program bisa bisa dilakukan oleh siapapun namun diperlukan tim kerja untuk mempermudah proses pekerjaan. Tim tersebut bisa terdiri dari guru, dosen, mahasiswa, siswa, LSM, tokoh masyarakat, tokoh agama, pejabat pemerintah, dinas pendidikan, dan anggota masyarakat lainnya.

Bentuk project
Project ini bisa berbentuk penulisan buku, rekaman video, rekaman suara, power point ataupun weblog.
                                                                        
Topik
Ruang lingkup dari projek ini memang sangat luas, tetapi bisa dipersempit dalam bentuk topik-topik seperti sejarah, tempat wisata, nama tempat, tokoh, kehidupan masyarakat dan lain-lain.

          
Kapan bisa dimulai?
Project ini bisa dimulai sekarang juga dengan menyediakan sebuah kamera, recorder, handycam, laptop, buku dan polpen serta kendaraan. Beberapa orang seperti, di internet sudah memulainya. Sebagai contoh http://lombokexploring.wordpress.com/, blog yang dirintis oleh saudara Andi  Marhadani, seoran guru SMA di kabupaten Lombok Barat. 

Pendanaan
Projek ini adalah project dengan swadaya, dalam artian pendanaan sepenuhnya akan ditanggung oleh masing-masing anggota tim. Ketika salah satu projek sudah terlaksana, maka upaya untuk meminta bantuan pemerintah atau sumber pendana lainnya bisa dilakukan.

Catatan
Pemikiran ini masih banyak memerlukan kajian lebih jauh. Oleh karena itu, masukan dan saran serta kritik terhadap konsep yang ditawarkan bisa menjadi bahan pertimbangan dalam merancang project pengenalan pulau Lombok kepada para siswa.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar